Menanam Bonsai Daun Salam - Hidroponik Ceria

Menanam Bonsai Daun Salam

Setelah seringnya tertipu beli daun Salam yang dioplos dengan daun jambu, jadi berfikir mungkin lebih baik punya pohon Salam (Syzygium polyanthum) sendiri ya. Tetapi karena pohon Salam ini memiliki tinggi yang mencapai 30 meter, sepertinya harus ditanam menjadi bonsai pohon Salam aja supaya bisa disimpan di halaman yang sempit.
Bakalan bonsai pohon Salam.
Bakalan bonsai pohon Salam.
Untuk bakalan bonsai pohon Salam diperoleh dari lembur di Kalipucang. Kebun campuran di Kalipucang ternyata menyimpan bakalan bonsai pohon Salam yang baik. Ketika mudik kemarin bawa 1 pot bakalan bonsai pohon Salam yang sudah siap tanam.

Apa bisa pohon Salam yang sangat tinggi ini dibuat menjadi bonsai ?. Bonsai ini adalah salah satu seni untuk membuat tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal. Tujuan membuat bonsai ini adalah untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Untuk membuat 1 pot bonsai ternyata memakan waktu yang lama. Tahapan pembuatan bonsai ini dimulai dari pemilihan bakalan bonsai, menyiapkan pot bonsai, dan menyiapkan media tanam bonsai.

Selanjutnya setelah bakalan bonsai tumbuh di dalam pot, tahapan selanjutnya adalah tahapan pemeliharaan bonsai. Pemeliharaan bonsai agar tumbuh sesuai keinginan terdiri dari : pemupukan, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan media tanam bonsai (tanah).

Tanaman atau pohon dibuat bonsai dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut.

Pohon Salam yang dibuat bonsai ini akan memudahkan apabila membutuhkan untuk bumbu masakan. Tetapi ternyata daun Salam juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Khasiat daun Salam untuk kesehatan untuk obat tradisional diantaranya dapat menyembuhkan sakit perut atau buang air besar terus menerus. Dan ternyata daun Salam juga dapat mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, dan kencing manis (diabetes).

Bagi yang berpengalaman membuat bonsai dari pohon Salam dan mengetahui khasiat daun Salam untuk kesehatan, silahkan sharing di komentar ya.
Menanam Bonsai Daun Salam Menanam Bonsai Daun Salam Reviewed by Ghost Ships on 7:17 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.