Khasiat Buah Siwalan bagi Kesehatan - Hidroponik Ceria

Khasiat Buah Siwalan bagi Kesehatan

Buah Siwalan memang mungkin masih terdengar asing di sebagian besar orang. Tetapi tahukah Anda kalau khasiat Buah Siwalan untuk kesehatan itu sangat banyak ?.
Buah Siwalan banyak dijual di pesisir Utara Pulau Jawa.
Buah Siwalan banyak dijual di pesisir Utara Pulau Jawa.
Buah Siwalan ini rasanya manis dan kenyal. Dengan rasa yang demikian enak, tentunya akan banyak penggemar buah Siwalan. Ternyata dibalik kelezatan rasa buah Siwalan ini, tersimpan khasiat yang luar biasa.

Buah Siwalan ini bisa digunakan sebagai herbal penjaga kesehatan dan peningkatan vitalitas pria.

Berikut ini adalah manfaat Buah Lontar atau Buah Siwalan untuk kesehatan.

Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal
Manfaat buah lontar untuk kesehatan ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Organ ini sangat berperan bagi tubuh kita terutama dalam proses ekskresi dalam tubuh. Beberapa tugas penting ginjal yaitu mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormonal dan ekskresi sisa-sisa metabolisme.

Fosfor yang terkandung di dalam buah Lontar atau buah Siwalan ini dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

Dapat Mengobati Penyakit Kulit
Ternyata buah Siwalan atau buah Lontar dapat mengobati penyakit kulit atau dermatis. Penyakit kulit tidak hanya menganggu kita dari rasa sakit atau gatal namun juga sangat menganggu kecantikan kulit kita. Meskipun belum banyak penelitian tentang khasiat lontar terhadap penyakit kulit namun buah lontar yang sudah tua dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit kulit.

Dapat Digunakan sebagai Antioksidan
Salah satu khasiat buah Siwalan atau buah Lontar yang sangat luar biasa adalah bersifat antioksidan. Antioksidan adalah zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh kita.

Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Kemudian vitamin B1 lontar juga dapat menjadi antioksidan dengan kemampuannya yang dapat menjaga sel dalam tubuh kita dari kerusakan atau penuaan.

Salah satu khasiat buah Siwalan untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker karena bersifat antioksidan.

Dapat Digunakan sebagai Antibiotik
Khasiat buah Siwalan yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai antibiotik. Kandungan nira buah Lontar terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan sudah dilakukan uji coba pembuatan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengandung microorganisme baik yang bisa melawan bakteri merugikan dalam tubuh kita.

Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah Siwalan dapat mengatasi gangguan susah buang air besar atau sembelit. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang cukup tinggi.

Selain itu juga, nira buah Lontar yang seperti cairan tubuh (isotonik) sangat membantu melancarkan pencernaan lebih cepat dibandingkan air biasa.

Kandungan fosfor lontar mampu membantu proses pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin B1 dari buah Lontar juga dapat membantu pencernaan karena berperan dalam pengeluaran asam hidroklorat yang penting untuk pencernaan dalam tubuh kita.

Dapat Menyejukan Tubuh
Tekstur buah Siwalan yang kenyal seperti gel dan dingin mampu membantu menyejukkan tubuh setelah mengkonsumsinya.

Bagus untuk Penderita Diabetes
Buah Siwalan berkhasiat bagus untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan.

 Jika selama anda sudah mengenal gula jagung  baik bagi penderita diabetes maka kini juga telah dikembangkan gula dari nira pohon Siwalan yang rendah indeks glikemik-nya sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.

Dapat Mengurangi Stress
Kesegaran buah Siwalan dapat membuat kita lebih tenang dan sejuk. Selain itu kandungan vitamin C buah Siwalan juga berperan dalam mengatasi stress.

Vitamin C pada buah Siwalan juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Sebagai Sumber Energi
Buah Siwalan juga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Salah satu sumber energi adalah gula. Bahkan otak kita hanya menerima energi dalam bentuk glukosa. Buah Siwalan mengandung gula sukrosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi otak kita.

Sebagai Sumber Karbohidrat
Buah Siwalan merupakan sumber karbohidrat tinggi. Daging buah muda buah Siwalan yang berwarna putih merupakan sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.

Dapat Mengobati Penyakit Hepatitis atau Liver
Bunga buah Siwalan dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit hepatitis atau liver. Selain itu, arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

Itulah 11 khasiat buah Siwalan bagi kesehatan.
Khasiat Buah Siwalan bagi Kesehatan Khasiat Buah Siwalan bagi Kesehatan Reviewed by Ghost Ships on 6:32 AM Rating: 5

4 comments:

  1. Seger loh saya dulu suka airnya malahan. Tambah es makin seger rasanya ada manisnya gitu. eh ternyata malah aman buat penderita diabetes.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.