5 Alasan Kenapa Malas Menanam Pohon di Halaman Rumah - Hidroponik Ceria

5 Alasan Kenapa Malas Menanam Pohon di Halaman Rumah

Menanam pohon di halaman rumah penyedia oksigen untuk mahluk hidup juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis. Terutama apabila yang ditanam adalah pohon yang berbunga indah. Meskipun memberikan banyak manfaat tetapi masih banyak orang yang malas menanam pohon di halaman rumah.
Pohon di depan jalan masuk di Bandung yang tetap dipertahankan.
Pohon di depan jalan masuk di Bandung yang tetap dipertahankan.
Foto : Kim's Sumantri
Berdasarkan pengalaman dan ngobrol dengan orang-orang yang pernah mengajukan izin untuk menebang  pohon, ternyata ada 5 alasan utama kenapa malas menanam pohon di halaman rumah.

Berikut ini adalah alasan-alasan utamanya ..

Khawatir Pohon Tumbang
Ini adalah alasan yang paling banyak dikemukakan ketika ditanya kenapa tidak menanam pohon di halaman rumah. Ya, alasan ini cukup masuk akal juga. Tetapi tidak sepenuhnya benar.

Kesalahan yang sering terjadi adalah pohon yang ditanam di halaman rumah dari jenis pohon yang memang sifat perakarannya dangkal. Pohon yang perakarannya dangkal, misalnya Flamboyan (Delonix regia), memang memiliki resiko tumbang.

Agar aman dari resiko pohon tumbang, pilihlah yang memiliki perakaran dalam. Untuk halaman rumah, menanam pohon buah-buahan adalah pilihan terbaik. Jarang sekali ada pohon buah-buahan dengan tajuk yang lebat dan tumbang.

Meskipun demikian, sebaiknya menanam pohon di halaman rumah diberikan jarak aman dari rumah. Jarak aman pohon dari rumah minimal sekitar 5 meter.

Halaman Sempit
Halaman yang sempit sebenarnya bisa diatasi dengan menanam pohon yang tajuknya tidak lebar. Pohon yang dapat ditanam di halaman rumah sempit bisa berupa pohon tanaman hias, misalnya Glodogan tiang.

Akar Tanaman Takut Merusak Bangunan
Akar tanaman, terutama pohon yang besar memang perakarannya akan menyebar. Sebaran ujung akan biasanya berada di ujung tajuk pohon.

Untuk masalah ini dapat diatasi dengan memilih pohon dengan tajuk yang tidak luas. Selain itu, ketika menanam, pastikan unsur hara terpenuhi secara cukup di lubang tanam.

Malas Memelihara
Alasan memelihara pohon ini merupakan masalah klasik. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan pemilihan pohon yang tidak boros hara dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Daunnya Mengotori Halaman
Secara teori, pohon akan menghasilkan oksigen dari hasil fotosintesis pada daun. Jadi semakin banyak daun, makan akan semakin banyak oksigen yang dihasilkan.

Beberapa jenis pohon memang daunnya sangat mudah sekali rontok. Pemilihan jenis pohon yang tepat akan  mengurangi resiko harus menyapu halaman.

Pilihlah jenis pohon yang tidak mudah menggugurkan daunnya.

Itulah 5 alasan yang membuat orang malas menanam pohon di halaman rumah.
5 Alasan Kenapa Malas Menanam Pohon di Halaman Rumah 5 Alasan Kenapa Malas Menanam Pohon di Halaman Rumah Reviewed by Ghost Ships on 5:41 PM Rating: 5

4 comments:

  1. Saya lebih ke Akar Tanaman Takut Merusak Bangunan. Soalnya sudah pengalaman soalnya. tiba-tiba akar pohon muncul di rumah saya. ya ... wajar sih. di samping rumah saya ada pohon beringin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo beringin iya Gan ... perakarannya dangkal dan di permukaan tanah ... bisa dipangkas sih kalo dipelihara dari kecil, dikendalikan agar tidak mengarah ke bangunan.
      tks udah mampir dan komentar ya ...

      Delete
  2. kalau aku mah yang nanam suamiku kalau aku mati semua yang aku tanama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, ibu2 mah bagean nanam bunga aja ya hehehe...

      Delete

Powered by Blogger.