Tips Membuat Nutrisi Hidroponik Tanpa TDS Meter - Hidroponik Ceria

Tips Membuat Nutrisi Hidroponik Tanpa TDS Meter

Larutan Nutrisi dalam hidroponik merupakan hal yang sangat penting. Karena tanaman dengan teknik hidroponik, tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sehingga diperlukan larutan nutrisi sebagai pengganti unsur hara yang terkadung di dalam tanah.

Larutan nutrisi untuk tanaman hidroponik harus memiliki  kepekatan tertentu agar tanaman tumbuh dengan baik. Satuan kepekatan larutan nutrisi ini dinyatakan dalam ppm (part per million).
Ilustrasi hidroponik. Foto : Pixabay
Ilustrasi hidroponik. Foto : Pixabay
Sebagai contoh, untuk sayuran selada dibutuhkan kepekatan nutrisi sebesar 560-840 ppm. Nah, kepekatan ini untuk keakuratannya diperlukan tds ( total dissolved solids) meter. Kalau kita tidak memiliki tds meter tentunya sangat sulit membuat larutan dengan kepekatan tertentu itu.

Nah, apabila ingin membuat larutan nutrisi tetapi tidak memiliki tds meter, ada tips sederhana untuk menentukan kepekatan larutan ini. Nutrisi untuk hidroponik dikenal dengan istilah AB mix. AB mix ini dibuat dengan melarutkan larutan A dengan larutan B ke dalam air.

Sebagai gambaran, apabila larutan A dengan larutan B (masing-masing 5 ml) dilarutkan dalam 1 liter air, akan dihasilkan larutan nutrisi dengan kepekatan sekitar 1000 ppm. Dari perkiraan itu bisa dibuat larutan dengan kepekatan tertentu menggunakan perbandingan.

Untuk menentukan jumlah masing-masing larutan A atau B dapat dihitung dengan rumus perbandingan berikut :

volume larutan pekatan = (ppm yang diinginkan/1000) x 5 ml

Sebagai contoh apabila kita ingin membuat larutan nutrisi hidroponik sebesar 1500 ppm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

volume pekatan (A/B) = (1500/1000) x 5 = 7,5 ml

Jadi, untuk membuat larutan nutrisi dengan kepekatan 1500 ppm dibutuhkan masing-masing 7,5 ml pekatan A dan B.

Itu tips sederhana untuk membuat nutrisi hidroponik tanpa tds meter. Semoga bermanfaat.
Tips Membuat Nutrisi Hidroponik Tanpa TDS Meter Tips Membuat Nutrisi Hidroponik Tanpa TDS Meter Reviewed by Unknown on 3:40 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Terima kasih sudah sharing ... Sangat membantu karena harga tds meter lumayan juga ya ...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.