Tips Agar Benih untuk Hidroponik Cepat Berkecambah - Hidroponik Ceria

Tips Agar Benih untuk Hidroponik Cepat Berkecambah

Tadi malam, mulai menyemai benih untuk bertanam hidroponik. Benih yang mulai disemai terdiri dari : kangkung, pak coy dan selada. Sengaja saya mencoba 3 jenis sayuran itu dulu, soalnya ketiganya yang sering dikonsumsi. Sebenarnya ada juga sih benih bayam, tapi karena keterbatasan tampat nanti aja belakangan deh ...

Sementara masih menggunakan barang-barang bekas, kalo udah bagus hasilnya baru pake hidroponik kit yang bener.

Benih kangkung, pak coy dan selada.
Benih kangkung, pak coy dan selada.


Sementara belum pake perlakuan khusus, masih sebatas seleksi benih aja dengan cara direndam. Benih yang mengapung artinya berkualitas buruk dan kemungkinan tidak berkecambah. Setelah itu direndam aja dengan air dingin selama 1 jam. Baru ditebar di media semai.

Sebenarnya ada tips supaya benih cepat berkecambah, yaitu dibungkus dengan kain kemudian kain disiram dengan air hangat dan selanjutnya dibiarkan selama semalam. Nah besoknya, benih baru disemai.

Tips lain agar benih cepat berkecambah, dapat juga diberikan zat perangsang tumbuh (ZPT) atau Giberelin Acid (GA 3). Ada juga dengan cara murah meriah, yaitu dengan direndam dalam air yang sudah dicampur parutan bawang merah.

Untuk membuat larutan bawang merah tersebut, siapkan 1 siung bawang merah dan 100-300 ml air bersih. Bawang diparut atau diulek dan campurkan dengan air bersih. Benih direndam dalam air bawang selama 8-10 jam. Biasanya cepat bertunas juga.

Foto menggunakan kamera HP Asus Zenfone 2.
Tips Agar Benih untuk Hidroponik Cepat Berkecambah Tips Agar Benih untuk Hidroponik Cepat Berkecambah Reviewed by Unknown on 6:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.