Salah Dosis Pupuk NPK - Hidroponik Ceria

Salah Dosis Pupuk NPK

Foto Ilustrasi pupuk NPK.
Ilustrasi pupuk NPK.

Hobi menanam tanaman memang mengasyikan tentunya. Nah, ketika punya tanaman baru di pot, biasanya ingin cepat tumbuh dengan baik dan subur. Karena mau praktis aja tanpa buka paririmbon pemupukan maka saya kasih aja NPK (15-15-15). Setelah beberapa hari, koq bukan tunas yang muncul, malah daun menguning dan akhirnya rontok dan terus mati (hiks ....).

Setelah buka kamus, ternyata emang tanaman itu "terbakar". Seharusnya ketika dilakukan pemupukan tidak boleh kekurangan air. Yang paling aman adalah melarutkan 1 sendok makan NPK ke dalan 1 liter air kemudian disiramkan pot tanaman itu.

Pemupukan menggunakan NPK ini tidak boleh terlalu sering. Pemupukan NPK untuk tanaman di pot cukup seminggu sekali, tapi kadang untuk ngitung seminggu sekali kadang lupa, jadi saya biasanya mupuk dan ngurus tanaman itu setiap hari Sabtu dan Minggu.

Udah gitu ternyata berdasarkan pengalaman, ternyata seminggu pertama paling aman jangan dikasih dulu pupuk anorganik, cukup dari media tanam yang kaya hara. Jadi memang langkah awal yang aman juga adalah siapkan media tanam yang kaya hara, pupuk kandang yang sudah matang dan dicampur furadan 1 sendok biar akar tanaman baru gak diserang hama/penyakit.

Ternyata kelamaan gak praktek nanam, insting melihara tanaman jadi makin lemah yang mengakibatkan kematian yang tidak diharapkan.... Intinya paling tidak seharusnya buka pedoman pupuk dan pemupukan dulu kali ya....
Salah Dosis Pupuk NPK Salah Dosis Pupuk NPK Reviewed by Unknown on 1:40 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.